Sphelar Cells, Tinggal Tempel Untuk Mendapatkan Energi Listrik

Posted: 4 Mei 2012 in News

 

JEPANG (Berita SuaraMedia) – Panel surya yang banyak digunakan saat ini akan menjadi masa lalu yang tradisional. Sebuah perusahaan Jepang kini berhasil mengembangkan teknologi pembuatan sel surya yang bar.

Sphelar cells adalah sebuah panel surya dengan disain transparan sehingga tidak akan menghalangi sinar matahari yang akan masuk bila ditempelkan di jendela anda.

Selain transparan, panel surya ini juga bersifat fleksibel sehingga bisa kita letakkan tidak hanya di jendela dengan kaca yang rata (flat) tetapi juga di kaca jendela melengkung.

Satu keuntungan tambahan bila panel surya ini fleksibel adalah dapat menyerap sinar matahari lebih optimal bila dibentuk melengkung.

Sphelar Cells yang dibuat oleh Kyosemi Corporation hanya mempunyai ketebalan 1,8 mm dimana artinya kita akan lebih leluasa untuk menempelkan Sphelar Cells dimanapun.

Bukan hanya bisa diaplikasikan di jendela atau atap rumah tetapi hal lainnya seperti salah satunya bahkan di mobil mainan

Namun, Tak hanya itu saja, Karena  Sphelar cells juga hadir dalam bentuk bulat. Sel surya dengan proses teknologi tersebut lebih efisien dan biaya pembuatannya juga jauh lebih murah.

Hasil pengembangan Kyosemi, merupakan sel surya berbentuk bulat sempurna yang bisa dibuat dengan ukuran diameter 1mm. Sel surya tersebut bisa disusun secara serial ataupun paralel dengan menggunakan ratusan bahkan ribuan sel untuk membuat panel surya dalam berbagai bentuk.

Meskipun tampaknya tidak memberikan perbedaan besar dari sel surya lainnya, keuntungan praktis sel surya dengan bentuk tidak datar adalah tidak harus menghadap ke arah sinar matahari dengan tepat. Kenyataannya, Spheral bisa menghasilkan listrik dari sinar matahari yang mengenainya langsung ataupun tidak langsung.

Metode pembuatannya juga efisien. Silikon yang diperlukan lebih sedikit dibandingkan dengan sel surya konvensional. Sphelar dibentuk dengan mengkristalkan lelehan silikon yang dijatuhkan dari ketinggian 14 meter.

Barangkali yang paling menarik adalah kemampuannya untuk dibentuk sesuai dengan tempat dan bentuk yang diinginkan. Entah itu untuk tempat-tempat yang sulit dibayangkan atau bahkan digunakan di dalam kaca jendela

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s