Millenium

Posted: 15 April 2012 in Eskatologi, Khotbah, Nubuatan

Intro:
1.  Salah satu topik yang sangat menarik dalam Alkitab adalah : MILLENIUM.
2.    Kata Millenium itu sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu  “MILLE” = Seribu,  dan “ANNUS” = Tahun.  Jadi Millenium artinya “Seribu Tahun.”
3.    Setan tidak mau Topik ini dibahas oleh karena informasi mengenai kehancurannya pada masa datang telah dibeberkan kepada masyarakat luas Melalui Alkitab.  Karena itu yang dia buat adalah:
(1)    Dia sebarkan dusta bahwa buku Wahyu adalah buku yg tertutup dan tidak dapat dimengerti (termetrai).
(2)    Dia buat pikiran manusia memutar balikkan artinya.
4.  Ada berbagai tafsiran tentang ajaran ini berkaitan dengan akhir dunia.
(1).  1000 tahun adalah “Masa Keemasan”  bagi manusia diatas dunia yang ditandai/dimulai dengan KK2.  Suatu masa di mana manusia akan bertobat dan hidup dalam damai sejahtera tanpa kesusahan.
(2).  Yang lain percaya bahwa periode 1000 tahun itu akan merupakan waktu yang sukar dan penuh kesulitan karena konflik dan kerusuhan di mana-mana.
(3).  Pandangan yang ketiga mengatakan bahwa masa Millenium berlangsung setelah Yesus datang kedua kali ke dunia ini, suatu waktu di mana orang-orang saleh diangkat ke sorga. Iblis dan malaikat-malaikatnya dibiarkan di bumi, dan orang-orang jahat mati.
5.  Sdr. Banyak pemikiran mengenai 1000 tahun itu tidak berdasarkan Fakta Alkitab.  Semua itu sengaja dibuat oleh setan untuk:
1)    Menjerat Kita manusia.  Untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin mereka yg berontak terhadap Allah.
2)    Sdr. Iblis tidak main2.  tujuan utamanya dan pasti adalah Menghancurkan Anda dan seluruh keluarga anda,  dengan pikirannya yang  jahat dan penuh kebencian ia menginginkan kebinasaan anda
3)    Keselamatan kita satu2nya hanyalah tetap teguh pada Firman Allah.
4.    Mari kita temukan apa yang diajarkan Alkitab melalui pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
(1)    Peristiwa-peristiwa apakah yang mendahului masa seribu tahun?
(2)    Peristiwa-peritiwa apakah yang terjadi pada masa seribu tahun?
(3)    Dan peristiwa-peristiwa apakah yang terjadi sesudah masa seribu tahun?

Body:
I.  Peristiwa mendahului masa 1000 Tahun.
1. Kedatangan Kristus Kedua Kali.
1). Wahyu 20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun
2).  Kapan Peristiwa ini akan terjadi? (kembangkitan orang benar?)
    I Tes. 4:16-17Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit;
2.  Kebangkitan Orang benar. Wahyu 20:4
1).  Mereka yang telah dipenggal kepalanya oleh karena kesaksian ttg Yesus.
2).  Mereka yang tidak menyembah binatang dan patungnya.
3).  Mereka yang tidak menerima tanda binatang pada dahi dan tangan mereka.
4).  Mereka akan hidup kembali.
Ini Adalah kebangkitan yang pertama
3.  Orang benar yang masih hidup bergabung dengan orang benar yang baru dibangkitkan diangkat kedalam Awan dan pergi bersama dengan Kristus.   I Tes 4:16-17.
4.  Orang2 Jahat Mati.
1).  Mereka akan dihukum dengan kebinasaan.
    2 Tes.1:7-9 Dan kepadamu yang sekarang ini menderita begitu juga kepada kami Allah akan memberikan kelegaan pada hari Tuhan Yesus turun dari surga dan menampakkan diri-Nya dengan malaikat-malaikat-Nya yang perkasa 8 dan dengan api yang menyala-nyala. Ia turun untuk menghukum orang-orang yang tidak mempedulikan Allah dan yang tidak mau hidup sesuai dengan Kabar Baik tentang Yesus Tuhan kita. 9 Orang-orang itu akan menerima hukuman kebinasaan selama-lamanya, dibuang ke luar dari lingkungan Tuhan dan dari kuasa-Nya yang agung
2).  Wahyu 20:5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu. Inilah kebangkitan yang pertama.
3). Wahyu 19:11 Lalu aku melihat sorga terbuka: sesungguhnya, ada seekor kuda putih; dan Ia yang menungganginya bernama: “Yang Setia dan Yang Benar”, Ia menghakimi dan berperang dengan adil. 12 Dan mata-Nya bagaikan nyala api dan di atas kepala-Nya terdapat banyak mahkota dan pada-Nya ada tertulis suatu nama yang tidak diketahui seorangpun, kecuali Ia sendiri….14 Dan semua pasukan yang di sorga mengikuti Dia; mereka menunggang kuda putih dan memakai lenan halus yang putih bersih.
5.  Iblis Dirantai 1000 tahun.
    Wahyu 20:11 Lalu aku melihat seorang malaikat turun dari sorga memegang anak kunci jurang maut dan suatu rantai besar di tangannya; 2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya, 3 lalu melemparkannya ke dalam jurang maut, dan menutup jurang maut itu dan memeteraikannya di atasnya, supaya ia jangan lagi menyesatkan bangsa-bangsa, sebelum berakhir masa seribu tahun itu;
    Jurang Maut =Abussos = daerah yang gelap, kosong, tandus, atau dalam keadaan kacau balau.
6.  Dunia ini akan sunyi senyap dalam keadaan porak poranda.  Wahyu 16:18-20

II. Peristiwa selama 1000 tahun.
1.  Orang jahat tetap mati dan berada dibumi ini.
    Wahyu 20:5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu.
2.    Iblis Dirantai Iblis dirantai
    Wahyu 20:2 ia menangkap naga, si ular tua itu, yaitu Iblis dan Satan. Dan ia mengikatnya seribu tahun lamanya
    Illustrasi:  “Hidup bagaikan seekor burung,  dalam sangkar yang terkekang.  Biar sangkarku terbuat dari Emas, lebih baik ku hidup dihutan luas.
Hidup tapi tidak dapat bebas melakukan kegiatan seperti biasanya seperti dikurung/diikat/ dirantai.
    Apakah pekerjaan Iblis?  Yoh. 8:44. Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta.
    Pada masa ini siapakah yang akan dia bunuh dan dustai?  Tidak ada seorangpun.
3.  Orang2 benar disurga.  Apakah yang dilakukan oleh orang2 benar disurga?
    Mereka akan menerima kuasa menghakimi.
a. I Kor. 6:2,3 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang kudus akan menghakimi dunia? Dan jika penghakiman dunia berada dalam tangan kamu, tidakkah kamu sanggup untuk mengurus perkara-perkara yang tidak berarti? Tidak tahukah kamu, bahwa kita akan menghakimi malaikat-malaikat? Jadi apalagi perkara-perkara biasa dalam hidup kita sehari-hari.
b.  Wahyu 20:12.  dan orang2 mati akan dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang tertulis dalam dalam kitab2 itu.
c.    Sering setan menjebak kita untuk menggunakan kuasa yang nanti akan diberikan oleh Tuhan pada Masa 1000 tahun.  Kita sering suka menghakimi orang lain.
    Mereka akan memerintah sebagai raja bersama dengan Kristus.
    Mereka akan menjadi Imam2 Allah dan Kristus.
d.    Wahyu20:4 Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun
e.    Wahyu 20:6  Berbahagia dan kuduslah ia, yang mendapat bagian dalam kebangkitan pertama itu. Kematian yang kedua tidak berkuasa lagi atas mereka, tetapi mereka akan menjadi imam-imam Allah dan Kristus, dan mereka akan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Dia, seribu tahun lamanya.
4.  Dunia masih dalam keadaan Kosong dan kacau balau.

III.  Peristiwa2 pada Akhir Millenium.
1.  Kristus, Orang kudus, dan Kota Suci turun dari surga.
    Wahyu 21:2 Dan aku melihat kota yang kudus, Yerusalem yang baru, turun dari sorga, dari Allah, yang berhias bagaikan pengantin perempuan yang berdandan untuk suaminya.
2.  Orang Jahat dibangkitkan.
    Wahyu 20:5 Tetapi orang-orang mati yang lain tidak bangkit sebelum berakhir masa yang seribu tahun itu
3.  Iblis dilepaskan.
    Wahyu 20:7-9,   Dan setelah masa seribu tahun itu berakhir, Iblis akan dilepaskan dari penjaranya, 8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut. 9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka,
     Setelah Orang jahat dibangkitkan, maka otomatis rantai keadaan yg mengikat setan lepas, karena sekarang dia dapat melaksanakan lagi kegiatannya, (berdusta dan membunuh)
    Gog = “mountain” 1)  Raja tanah Magog Magog = “overtopping: covering” 1) Tanah/Daerah disebelah utara Israel darimana raja Gog akan menyerang Israel. Bangsa dari keturunan Yafet. (Yeh.38,39) Melambangkan bangsa2 orang2 yang tetap akan menjadi musuh Allah dan umat2 Allah.
a.    Sekali lagi pada saat ini Iblis akan menunjukkan kuasanya. Sekali lagi memunculkan penipuannya serta melancarkan peperangan terhadap Allah.
b.    Dengan mudahnya ia meyakinkan orang2 jahat bahwa dengan kuasanyalah yang telah membangkitkan mereka dari kematian, dan membakar semangat mereka untuk berperang melawan yang maha tinggi dengan harapan pada saat itu mereka masih boleh mendapatkan kemenangan.
4. Pehukuman Terakhir.
    Setan, dosa dan orang berdosa dibinasakan.
a.  Wahyu 20:9-10. 8 dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa pada keempat penjuru bumi, yaitu Gog dan Magog, dan mengumpulkan mereka untuk berperang dan jumlah mereka sama dengan banyaknya pasir di laut. 9 Maka naiklah mereka ke seluruh dataran bumi, lalu mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu. Tetapi dari langit turunlah api menghanguskan mereka, 10 dan Iblis, yang menyesatkan mereka, dilemparkan ke dalam lautan api dan belerang, yaitu tempat binatang dan nabi palsu itu, dan mereka disiksa siang malam sampai selama-lamanya.
5.  Bumi disucikan dan dibaharui.
    Wahyu 21:1,5. Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru, sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu, dan lautpun tidak ada lagi…5 Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: “Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!” Dan firman-Nya: “Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar.
    2 Pet 3:10-13. Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api, dan bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. 11 Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup 12 yaitu kamu yang menantikan dan mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa dalam api dan unsur-unsur dunia akan hancur karena nyalanya. 13 Tetapi sesuai dengan janji-Nya, kita menantikan langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran.
Appeal:
Dari pelajaran ttg Millenium ini muncul tiga fakta yang sangat menantang sdr!
1.  Masing2 kita akan menghabiskan waktu 1000 tahun itu disalah satu tempat diantara 2:
a.  Bersama Setan dibumi tanpa kehidupan, atau
b.  Bersama Kristus dalam kesukaan tanpa dosa disurga.
2.  Semua kita akan hidup dibumi ini pada akhir Millenium dalam dua tempat.
a.  Bersama dengan Setan Diluar Kota Kudus (Yerusalem Baru) atau,
b.  Bersama dengan Kristus didalam Kota Kudus itu.
3.  Dimanapun kita berada,  Tergantung pada keputusan kita sendiri Mulai malam ini.
a.  Sudah sangat terlambat jika kita menunda keputusan untuk mengikut Yesus nanti saat Yesus datang.
b.  Sikap untuk berpihak kepada Kristus atau setan sudah harus dibuat dengan Nyata, oleh karena setelah ini kita tidak dapat lagi membuat perubahan, berpindah dari satu pihak kepihak yang lain.
c.  Syukur kepada Allah karena Perpindahan kesetiaan dari setan kepada Allah masih terbuka sekarang ini
Ibrani 3:7,8 “Pada Hari ini, Jika kamu mendengarkan suaraNya, janganlah keraskan hatimu.”.
4.  Marilah kita menerima undangan yang penuh rahmat ini selagi masih ada waktu.

Komentar
  1. yusuf mengatakan:

    Singkat padat, enak di cerna. Semoga tulisan-tulisan yang lain dapat dipublikasikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s